Perbedaan Blog Yang Menggunakan Platform Blogspot Dan Wordpress

Jika membahas mengenai blog, maka kita tidak akan terlepas dari 2 raksasa penyedia layanan web blog didunia yang sangat populer, yaitu blogger (dot) com dan Wordpress (dot) com. Blogger (dot) com yang memberikan subdomain berupa blogspot sedangkan wordpress (dot) com yang memberikan subdomain berupa wordpress.

Meskipun mengetahui hal tersebut, tidak sedikit dari kita yang belum memahami perbedaan antara Blog yang berplatform blogspot dan blog yang berplatform wordpress. Ada yang mengatakan bahwa Blogspot itu lebih Luar biasa, tapi ada juga yang mengatakan bahwa wordpress itu lebih jozz. Jadi siapa yang benar ya ?

Blogspot Dan Wordpress
Blogspot Dan Wordpress


Perbedaan Blog Yang Menggunakan Platform Blogspot Dan Wordpress

1. Template
Hal dasar yang terlihat ketika kita menggunakan blogspot adalah kebebasan dalam mengotak atik template. Hal ini dikarenakan blogspot memiliki ekstensi HTML, jadi bisa dirubah-rubah sesuai dengan kemauan tanpa harus menjadi seorang ahli. Berbeda ketika kita menggunakan wordpress. Ekstensi yang digunakan adalah PHP. Nah, sifat PHP ini lebih pada keadaan paten dan hanya bisa dirubah oleh orang-orang yang mahir dibidang PHP.

So, menurut Saya jika membahas mengenai kebebasan dalam merubah template maka blog platform blogspot lebih unggul.

2. Fitur
Ketika membahas mengebai fitur yang ditawarkan antara blogspot dan wordpress maka akan ada perbedaan yang sangat signifikan. Mengapa ?, itu karena sudah jelas sekali bahwa fitur yang ditawarkan oleh wordpress itu sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Fitur ini disediakan dalam bentuk plugin-plugin. Jadi, jika Sobat ingin memasang fitur tambahan pada wordpress maka tinggal download pluginnya lalu di instal. Berbeda jauh dengan blogspot yang semuanya serba terbatas. Hanya berkisar antara Script HTML yang itu sedikit.

So, menurut Saya jika membahas mengenai Fitur maka blog platform wordpress lebih unggul.

3. Hosting
Blogger menyediakan Hosting gratis kepada penggunanya dan itu tidak terbatas. Berbeda dengan wordpress yang hanya menyediakan hosting gratis dengan kapasitas yang tidak seberapa besar. Namun, ketika pada tingkat lanjut Sobat ingin merubah blog menjadi domain TLD maka secara otomatis blog platfom wordpress harus menyewa hosting pada pihak ketiga, seperti namecheap atau hostgator. Jadi ya bayar buat beli domain dan nyewa hosting gitu.

Enaknya jika menggunakan hosting Blogspot itu ya gratis dan kapasitas yang tak terbatas meskipun Sobat telah mengganti blog menjadi blog TLD. Namun, perlu Sobat ketahui karena Blogspot menyediakan hosting gratis maka jika suatu hari Sobat melanggar TOS dari blogspot maka siap-siap saja blog akan dihapus tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

So, menurut Saya dalam hal hosting ini skor 0 : 0 alias sama kuat.

4. SEO
Ada yang bilang kalau SEO yang diterapkan oleh blog platform wordpress itu lebih waw dikarenakan SEO yang digunakan itu berasal dari plugin SEO. Namun pernyataan ini masih diragukan. Mengapa ? coba saja Sobat menulis sebuah keyword di google maka Link blog platform apa yang paling sering muncul ?, blogspot atau wordpress ?

Ehhhh, bentar jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan ya .... seorang blogger yang biasanya menggunakan blog platform wordpress itu endingnya untuk membangun blog profesional. Jadi bisa saja link yang muncul di pencarian google itu link blog platform wordpress yang telah dirubah menjadi Blog TLD. Jadi sulit kan menelitinya ?

So, menurut Saya kedudukan untuk saat ini adalah sama kuat lagi. heheheh

5. Monitaze
Nah, untuk yang satu inilah yang menjadi target incaran utama para blogger. Jujur, jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger secara mudah pasti menggunakan blog platform blogspot. Mengapa ?, karena blog platform blogspot sudah ada menu HTML Java Script. Jadi, tinggal pasang kode iklan aja disitu. Apalagi untuk iklan Google Adsense.

Berbeda jika membahas mengenai blog platform wordpress yang jika ingin mendapatkan pengahasilan dari situ maka blog harus terlebih dahulu dirubah menjadi blog TLD lalu kemudian ada langkah-langkah tertentu agar blog bisa dipasang iklan. Jadi agak ribet ya .... Tapi endingnya tetap bisa dipasang iklan juga kok.

So, menurut Saya jika membahas kemudahan untuk memonitaze maka blogspot sangat lebih unggul. Namun tetap, pada hakikatnya wordpresspun juga bisa.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa diantara blog berplatform blogspot dan blog berplatform wordpress itu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jika Sobat bertanya kepada Saya tentang mana yang lebih baik Saya gunakan ?, maka Saya akan menjawab bahwa itu adalah Terserah Anda !!!

thumbnail Title : Perbedaan Blog Yang Menggunakan Platform Blogspot Dan Wordpress
Posted by : Unknown
Published : 2014-12-04T14:21:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99 Reviews
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Portal Berita Online | Portal Iklan Gratis | Zona Informasi
Copyright © 2015. Blogger Seo Asli Ngawi - All Rights Reserved
Desain by Juragan Pulsa Published by Pulsa Murah
Proudly powered by Blogger